Khinco

7 Produk Kecantikan Herbal Yang Bisa Anda Buat Di Rumah

Berjalan-jalan di lorong kosmetik di toko kelontong atau toko makanan kesehatan Anda dapat mengungkapkan rangkaian produk yang membingungkan—sampo dan kondisioner, sabun, pembersih, dan krim wajah anti-penuaan—mempromosikan manfaat bahan botani yang dikandungnya. Tetapi banyak produk perawatan kulit dan rambut komersial yang disebut-sebut sebagai “alami” mengandung bahan sintetis yang berpotensi berbahaya, termasuk pengawet dan surfaktan.

Namun, mudah, ekonomis, dan dalam beberapa kasus lebih menyehatkan untuk membuat produk perawatan kulit dan rambut herbal di dapur Anda sendiri. Dengan memilih herbal dan bahan-bahan yang direkomendasikan untuk jenis atau masalah kulit tertentu, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan produk kecantikan herbal untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Karena produk kecantikan herbal buatan sendiri tidak mengandung pengawet kimia, mereka memiliki umur simpan yang lebih pendek daripada produk komersial. Untuk mengurangi risiko pembusukan: pastikan semua peralatan yang Anda gunakan benar-benar bersih; hindari mencelupkan jari Anda langsung ke dalam campuran ini; membuat produk kecantikan herbal dalam jumlah kecil; dan simpan di lemari es.

7 Produk Kecantikan Herbal Yang Bisa Anda Buat Di Rumah

Lulur Wajah Herbal

Gunakan scrub sekitar seminggu sekali untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan merangsang sirkulasi. Tindakan pengelupasan ringan dari scrub herbal akan membuat wajah Anda tampak berseri-seri dan terasa lembut seperti bayi. Hati-hati, meskipun: Menggosok terlalu keras dapat meninggalkan noda yang tidak sedap dipandang, meskipun ini akan memudar seiring waktu. Jika Anda memiliki kulit sensitif, bersikaplah ekstra lembut.

1 c gandum gulung
c tepung jagung
c herba kering (seperti calendula, lavender, peppermint, kelopak mawar, atau campuran herba)
Almond, tanah liat, atau gula (opsional; gunakan sendiri atau dalam kombinasi hingga total 1 sendok makan)

1. GABUNGKAN oatmeal, tepung jagung, herba, dan almond, tanah liat, atau gula (jika menggunakan) dalam penggiling kopi bersih.
2. GRIND campuran menjadi bubuk halus. (Anda juga bisa menggunakan lesung dan alu.)
3. SIMPAN scrub dalam wadah tertutup rapat di tempat yang sejuk dan kering hingga 3 bulan.
4. UNTUK MENGGUNAKAN: letakkan sebagian campuran di telapak tangan Anda. Tambahkan air secukupnya hingga menjadi pasta. Oleskan campuran tersebut secara merata ke seluruh wajah Anda, hindari mata Anda. Pijat scrub dengan lembut ke kulit Anda, menggunakan gerakan melingkar. Bilas secara menyeluruh.

Uap Wajah Herbal Sederhana

Uap herbal membuka pori-pori dan merangsang sirkulasi darah. Tetapi bagi orang yang memiliki kulit yang sangat sensitif, rusak, atau kering, atau mereka yang rentan mengalami kerusakan pembuluh darah kecil atau kapiler, uap herbal dapat menyebabkan iritasi dan harus dihindari kecuali disarankan oleh dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya.

c herba kering (seperti calendula, chamomile Jerman atau Romawi, bunga lavender, jeruk atau kulit jeruk lainnya, peppermint, rosemary, atau kelopak mawar)

1. Bawa panci berisi 3 liter air hingga mendidih, lalu angkat dari api.
2. TAMBAHKAN rempah-rempah ke dalam panci berisi air yang mengepul. Tunggu beberapa menit agar air agak dingin.
3. TEMPAT wajah Anda sekitar 12 inci di atas panci dan gantungkan handuk di atas kepala Anda. Biarkan uapnya membasahi kulit wajah Anda selama beberapa saat. Lepaskan handuk, angkat kepala, dan hirup udara segar beberapa kali. Ulangi proses tersebut selama maksimal 5 hingga 10 menit. Saat ramuan terendam, uap yang naik akan membuka pori-pori Anda dan membawa komponen minyak atsiri aromatik dari herbal ke kulit wajah Anda.
4. SELESAI dengan pembersih, scrub, atau masker (jika diinginkan), lalu siram wajah dengan air atau toner dingin (bukan dingin) untuk menutup pori-pori.

Masker Wajah untuk Kulit Kering

Tergantung pada jenis kulit Anda, masker botani dapat dirancang untuk menjadi perawatan yang menghidrasi, emolien, pelembab dalam, atau perawatan pengencangan kulit.

Anda akan menemukan sebagian besar bahan yang Anda perlukan di lemari es atau dapur dapur Anda. Banyak buah-buahan dan produk susu kaya akan asam alfa hidroksi yang melembutkan kulit, yang menjadikannya sebagai tambahan yang sangat baik untuk masker wajah. Bahan bagus lainnya untuk masker wajah adalah gel lidah buaya, telur, bubur labu, dan bubuk kakao tanpa pemanis. Jika kulit Anda kering, pilih bahan dengan manfaat pelembab, seperti alpukat, minyak kelapa, krim, kuning telur, madu, oat, minyak zaitun, susu bubuk, atau yogurt tawar.

2 sdm yogurt kental polos
1 kuning telur atau 1 sdm madu cair
Beberapa tetes minyak kelapa atau zaitun

1. Kocok bersama yogurt, kuning telur atau madu, dan minyak dalam mangkuk kecil.
2. GUNAKAN bola kapas untuk mengoleskan masker ke wajah Anda, hindari area mata. Biarkan masker selama 10 hingga 15 menit.
3. BERSIHKAN secara menyeluruh dengan air hangat, lalu siram wajah Anda dengan air dingin.

Masker Wajah untuk Kulit Berminyak

Jika kulit Anda berminyak, pilih bahan dengan efek astringen atau pengencang, seperti cuka sari apel, pisang, jus jeruk atau cranberry, putih telur, tanah liat hijau (juga disebut bentonit, tersedia di toko makanan alami), stroberi, atau witch hazel. Setelah tercampur, bahan-bahan masker tidak akan bertahan dengan baik, jadi buang sisa-sisanya.

1 pisang matang
1 putih telur
1 sdt cuka sari apel atau jus jeruk

1. Gabungkan pisang, putih telur, dan cuka atau jus dalam blender. Blender untuk membentuk pasta halus.
2. GUNAKAN bola kapas untuk mengoleskan masker ke wajah Anda, hindari area mata. Biarkan masker selama 10 hingga 15 menit.
3. BERSIHKAN secara menyeluruh dengan air hangat, lalu siram wajah Anda dengan air dingin.

Salep Tangan Lavender

Dioleskan langsung ke wajah atau tubuh Anda, minyak infus—minyak nabati yang dicampur dengan herba—memiliki pelembab dan manfaat terapeutik lainnya. Salep tangan ini menggunakan minyak almond manis, yang cenderung lebih ringan dan tidak terlalu berminyak dibandingkan dengan banyak minyak nabati lainnya.

Untuk membuat minyak ramuan herbal, isi stoples kaca kira-kira penuh dengan lavender kering. Tuangkan minyak almond manis di atas bumbu untuk mengisi toples sehingga bumbu benar-benar terendam. Tutup toples dan biarkan bumbu meresap di tempat yang hangat dan cerah selama 4 hingga 6 minggu. Saring minyak dengan hati-hati ke dalam botol kuning kering yang bersih dan simpan hingga 1 tahun.

8 ons minyak almond manis yang diresapi lavender
1 ons lilin lebah, parut
4 kapsul vitamin E
10 tetes minyak esensial lavender
10 tetes minyak esensial rosemary

1. PANAS minyak infus perlahan dalam double boiler di atas api kecil.
2. Tambahkan beeswax dan aduk hingga meleleh.
3. Angkat panci dari api, dan aduk isi kapsul vitamin E dan minyak esensial.
4. Tuangkan salep ke dalam kaleng yang bersih dan kering. Saat salep sudah benar-benar dingin, tutup kalengnya. Beri label dan simpan di tempat yang sejuk dan kering hingga 1 tahun.

Bilas Rambut Herbal Sederhana

Jelatang, yang dianggap cocok untuk semua jenis rambut, adalah pilihan yang baik. Atau bereksperimenlah dengan calendula, rosemary, sage, atau herba lainnya. Menambahkan cuka atau jus lemon ke dalam infus akan membantu mengembalikan pH alami rambut Anda. Aroma cuka menghilang dengan cepat dan tidak akan tertinggal di rambut Anda.

1 sdt herba kering atau segenggam herba segar seperti bay, calendula, jelatang (baik untuk ketombe), chamomile Romawi, atau rosemary
1 sendok makan cuka sari apel atau jus lemon

1. TEMPAT herba atau herba dalam mangkuk dan tuangkan 1 cangkir air mendidih di atasnya.
2. TAMBAHKAN cuka atau jus lemon dan curam, tertutup, selama 10 sampai 15 menit.
3. STRAIN, biarkan infus mendingin hingga suhu yang nyaman, dan tuangkan ke rambut yang baru keramas. (Membuat cukup untuk sekali pakai.)

Perawatan Deep-Conditioning yang Melembabkan

Kondisioner ini dibiarkan di rambut Anda untuk jangka waktu yang lebih lama daripada produk komersial, dan karena itu lebih mampu melapisi dan menembus batang rambut.

alpukat (haluskan), 1 sdm yogurt tawar, atau 1 sdm susu bubuk
Kuning telur
1 hingga 2 sdm minyak zaitun, minyak kelapa, atau shea butter

1. GABUNGKAN alpukat, yogurt, atau susu bubuk dan kuning telur dalam mangkuk sedang. Aduk agar tercampur rata. Basahi campuran dengan minyak zaitun, minyak kelapa, atau shea butter.
2. Gunakan kondisioner secara menyeluruh melalui rambut Anda, berikan perhatian khusus pada ujungnya. Tutupi kepala Anda dengan topi mandi atau kantong plastik, dan rileks selama 10 hingga 20 menit.
3. BILAS, lalu cuci rambut Anda hingga bersih dengan sampo dengan pH seimbang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.