Khinco

10 Jenis Formula Kosmetik Yang Harus Anda Ketahui

Meskipun ada ribuan jenis produk kosmetik, sebenarnya hanya ada 10 jenis formula kosmetik yang berbeda. Berikut adalah ikhtisar singkat tentang jenis-jenis tersebut termasuk apa itu, bagaimana pembuatannya, dan kapan Anda dapat menggunakannya. Sebagai ahli kimia perumus , Anda harus belajar membuat setiap jenis (bahkan jika perusahaan Anda saat ini tidak membuat produk khusus ini). warna2

10 Jenis Formula Kosmetik Yang Harus Anda Ketahui Solusi Kosmetik

Ini adalah jenis formula kosmetik yang paling sederhana dan digunakan untuk berbagai macam produk seperti sampo, sabun mandi, pembersih tangan, cologne, dll. Mereka adalah campuran homogen dari bahan-bahan larut. Untuk membuatnya, Anda cukup mengisi wadah Anda dengan pengencer utama (biasanya air) lalu campurkan sisa bahan ke dalamnya. Terkadang menghangatkan sistem sedikit akan meningkatkan kecepatan Anda membuatnya.

Krim / Emulsi

Kosmetik mayoritas menggunakan bahan baku yang tidak kompatibel sehingga digunakan krim atau emulsi. Emulsi adalah campuran stabil semu dari cairan tak bercampur yang terdispersi dalam cairan lain. Mereka digunakan untuk produk seperti pelembab tangan, make up, kondisioner rambut, tabir surya, dll. Untuk membuatnya, Anda memerlukan tiga komponen formula termasuk fase minyak, fase air, dan pengemulsi. Formula dibuat dengan memanaskan fase minyak dan air secara terpisah, mencampurnya bersama (bersama dengan pengemulsi) saat panas, dan mendinginkannya dengan pencampuran menyeluruh. Hasilnya adalah krim dengan partikel-partikel kecil yang terdispersi dalam fase pengencer. Lihat artikel kami tentang emulsi HLB untuk informasi lebih lanjut tentang membuat emulsi.

Lotion

Krim tidak selalu sesuai untuk beberapa aplikasi karena bisa terlalu berat atau berminyak. Dalam kasus ini, bentuk lotion digunakan. Lotion pada dasarnya adalah krim tipis. Mereka digunakan untuk pelembab wajah, kondisioner rambut tanpa bilas, dan pembersih pelembab. Karena ini adalah emulsi, Anda membuatnya dengan cara yang sama seperti membuat krim. Mereka umumnya lebih mudah karena Anda tidak perlu khawatir emulsi menjadi cukup kental saat mendingin.

Suspensi

Suspensi adalah bentuk produk lain untuk memberikan bahan yang tidak kompatibel. Tidak seperti krim, mereka biasanya produk bening dengan partikel yang terlihat seperti manik-manik gelatin atau mineral anorganik (misalnya titanium dioksida) tersuspensi di seluruh. Mereka digunakan untuk tabir surya, mencuci tangan atau sampo. Untuk membuatnya, Anda perlu memasukkan polimer atau tanah liat yang memberikan formula beberapa struktur suspensi internal. Bahan-bahan seperti lempung karbomer atau bentonit berguna.

Salep / Pasta

Ini adalah produk super tebal yang digunakan untuk hal-hal seperti tata rambut dan produk obat kulit. Biasanya, mereka anhidrat (tidak mengandung air) dan lengket & berminyak. Beberapa bahan umum yang digunakan untuk membuat pasta termasuk petrolatum, lanolin, atau dimethicone. Membuatnya adalah masalah sederhana dengan memanaskan bahan mentah dan dengan cepat mencampurnya sampai tersebar.

Tablet & Kapsul

Bentuk produk lain yang sering digunakan untuk membuat kosmetik warna adalah tablet. Ini adalah padatan yang dicampur secara fisik yang disatukan dengan ditekan menjadi bentuk. Anda memerlukan peralatan khusus untuk membuat produk ini. Mereka juga umumnya lebih mahal.

bubuk

Salah satu jenis bentuk produk kosmetik warna yang paling umum adalah bubuk. Bedak juga digunakan untuk produk seperti bedak bayi & bedak kaki. Mereka hanyalah campuran bahan mentah padat yang dicampur menjadi bubuk halus. Beberapa bahan khas termasuk bedak, silikat, dan pati. Diperlukan peralatan khusus saat membuat produk ini karena bubuk halus bisa berbahaya.

gel

Bentuk umum lain dari produk kosmetik adalah gel. Ini adalah produk tebal, biasanya bening, dan memiliki sifat yang dikenal sebagai “penipisan geser”. Ini berarti mereka tetap tebal sampai Anda menerapkan kekuatan yang membuat mereka tipis dan mengalir. Siapa pun yang mencoba mengeluarkan kecap dari botol tahu apa yang sedang kita bicarakan. Gel digunakan untuk produk rambut, sabun mandi, produk cukur, dan pasta gigi. Mereka dibuat dengan menggunakan bahan pembentuk gel seperti polimer akrilik, gom alami atau pengental selulosa.

tongkat

Terkadang Anda perlu membuat produk yang belum tentu ingin disentuh konsumen, misalnya lipstik atau deodoran ketiak. Dalam kasus ini, Anda akan menggunakan formulir produk tongkat. Tongkat adalah bentuk pengiriman padat yang memberikan bahan aktif melalui tindakan menggosok. Cara membuatnya adalah dengan menggunakan sebagian besar bahan yang padat pada suhu kamar. Bahan-bahan tersebut dipanaskan hingga meleleh, tercampur, dan dituangkan ke dalam cetakan atau wadah terakhir. Saat dingin, mereka mengambil bentuk kemasannya.

Aerosol

Aerosol lebih merupakan bentuk produk kemasan daripada jenis formulasi tertentu. Anda benar-benar dapat membuat aerosol dari hampir semua formulasi kosmetik jika Anda memiliki kaleng, propelan, dan penyetelan nozzle yang tepat. Aerosol adalah kosmetik apa pun yang dikirim dari kaleng bertekanan. Mereka terdiri dari konsentrat dan propelan. Anda pertama-tama membuat formula seperti yang Anda lakukan pada kosmetik lainnya, lalu mengisinya ke dalam kaleng. Anda menutup kaleng dan menekannya menggunakan propelan yang sesuai. Peraturan VOC (senyawa organik yang mudah menguap) baru-baru ini telah mengurangi penggunaan aerosol dalam produk kosmetik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.